Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Siapkan 29 Putra Papua Pendidikan Perwira

Kompas.com - 01/05/2013, 00:52 WIB

BIAK, KOMPAS.com — TNI pada tahun 2013 menyiapkan kuota 29 lulusan SMA putra asli Papua untuk pendidikan calon taruna perwira TNI di tiga angkatan, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Ketua tim seleksi penerimaan calon perwira putra Papua, Kolonel Laut (P) Yuddy Subiantoro, mengatakan kepada Antara di Biak, Selasa, bahwa seleksi pendidikan calon perwira TNI khusus putra asli Papua berlangsung transparan serta bebas KKN.

"Putra Papua yang lulus seleksi pendidikan calon perwira TNI akan dididik selama empat tahun sesuai matra angkatan bersangkutan," ujar Kolonel Laut (P) Yuddy Subiantoro, Selasa (30/4/2013).

Ia mengatakan, seleksi penerimaan calon perwira putra Papua tahun 2013 tersebar di Biak, Jayapura, dan Sorong, Papua Barat. Rekrutmen khusus putra Papua untuk memperoleh pendidikan calon perwira TNI, menurut Yuddy, diharapkan pada beberapa tahun mendatang dapat melahirkan calon pemimpin TNI dari kalangan putra asli daerah.

"Peluang anak asli Papua menjadi perwira TNI sangat terbuka luas. Ya siapa yang bisa mendapatkan peluang ini sedang diseleksi secara ketat tim Mabes TNI," ujarnya.

Berdasarkan data kuota, sebanyak 29 putra asli Papua disiapkan menjadi calon perwira TNI. Mereka akan dibagi menjadi 20 orang untuk AD, 4 orang untuk AU, dan 5 orang untuk AL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com