Kompas.com - 01/05/2013, 00:52 WIB
EditorBenny N Joewono

BIAK, KOMPAS.com — TNI pada tahun 2013 menyiapkan kuota 29 lulusan SMA putra asli Papua untuk pendidikan calon taruna perwira TNI di tiga angkatan, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Ketua tim seleksi penerimaan calon perwira putra Papua, Kolonel Laut (P) Yuddy Subiantoro, mengatakan kepada Antara di Biak, Selasa, bahwa seleksi pendidikan calon perwira TNI khusus putra asli Papua berlangsung transparan serta bebas KKN.

"Putra Papua yang lulus seleksi pendidikan calon perwira TNI akan dididik selama empat tahun sesuai matra angkatan bersangkutan," ujar Kolonel Laut (P) Yuddy Subiantoro, Selasa (30/4/2013).

Ia mengatakan, seleksi penerimaan calon perwira putra Papua tahun 2013 tersebar di Biak, Jayapura, dan Sorong, Papua Barat. Rekrutmen khusus putra Papua untuk memperoleh pendidikan calon perwira TNI, menurut Yuddy, diharapkan pada beberapa tahun mendatang dapat melahirkan calon pemimpin TNI dari kalangan putra asli daerah.

"Peluang anak asli Papua menjadi perwira TNI sangat terbuka luas. Ya siapa yang bisa mendapatkan peluang ini sedang diseleksi secara ketat tim Mabes TNI," ujarnya.

Berdasarkan data kuota, sebanyak 29 putra asli Papua disiapkan menjadi calon perwira TNI. Mereka akan dibagi menjadi 20 orang untuk AD, 4 orang untuk AU, dan 5 orang untuk AL.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X