Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Pekalongan Janjikan Pemulangan Jenazah TKI

Kompas.com - 30/04/2013, 22:22 WIB

PEKALONGAN,Kompas.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjanjikan membantu pemulangan jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI), Erni Trikatam, warga Kelurahan Bumirejo, yang dikabarkan meninggal dunia di Arab Saudi.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Pekalongan, Budianto, di Pekalongan, Selasa (30/4/2013), mengatakan, pemkot akan berusaha membantu pemulangan jenazah Trikatami pada perusahaan yang memberangkatkan korban sebagai TKW ke Arab Saudi.

"Semua biaya pemulangan jenazah merupakan tanggung jawab penuh oleh perusahaan penyelenggara penempatan TKI swasta, yaitu PT Amanitama Berkah Sejati (ABS). Oleh karena itu, kami siap membantu pada keluarga Trikatami agar korban dapat dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Ia meminta pada keluarga korban tidak terpancing memberikan uang kepada oknum yang tidak bertanggung jawab, berkaitan pemulangan jenazah Erni Tritami yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

"Yang jelas, jika ada seseorang yang siap memulangkan jenazah Trikatami dengan imbalan sejumlah uang, itu adalah tipu muslihat oknum yang memanfaatkan momentum ini," kata Budianto.

Keluarga korban, Hermin Danu, mengatakan bahwa kabar meninggalnya Erni Trikatami di Arab Saudi diketahui, setelah pihak penyalur tenaga kerja memberikan surat pemberitahuan yang menyatakan korban meninggal dunia karena sakit.

"Keponakan kami, Trikatami, menjadi TKW pada Juli 2011 melalui PJTKI swasta PT ABS yang berkantor di Jakarta. Oleh karena itu, kami berharap PT ABS dapat memulangkan jenazahnya ke Indonesia, agar segera bisa dimakamkan di kampung halamannya," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com