Kompas.com - 30/04/2013, 22:22 WIB
EditorAgus Mulyadi

PEKALONGAN,Kompas.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjanjikan membantu pemulangan jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI), Erni Trikatam, warga Kelurahan Bumirejo, yang dikabarkan meninggal dunia di Arab Saudi.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Pekalongan, Budianto, di Pekalongan, Selasa (30/4/2013), mengatakan, pemkot akan berusaha membantu pemulangan jenazah Trikatami pada perusahaan yang memberangkatkan korban sebagai TKW ke Arab Saudi.

"Semua biaya pemulangan jenazah merupakan tanggung jawab penuh oleh perusahaan penyelenggara penempatan TKI swasta, yaitu PT Amanitama Berkah Sejati (ABS). Oleh karena itu, kami siap membantu pada keluarga Trikatami agar korban dapat dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Ia meminta pada keluarga korban tidak terpancing memberikan uang kepada oknum yang tidak bertanggung jawab, berkaitan pemulangan jenazah Erni Tritami yang saat ini masih berada di Arab Saudi.

"Yang jelas, jika ada seseorang yang siap memulangkan jenazah Trikatami dengan imbalan sejumlah uang, itu adalah tipu muslihat oknum yang memanfaatkan momentum ini," kata Budianto.

Keluarga korban, Hermin Danu, mengatakan bahwa kabar meninggalnya Erni Trikatami di Arab Saudi diketahui, setelah pihak penyalur tenaga kerja memberikan surat pemberitahuan yang menyatakan korban meninggal dunia karena sakit.

"Keponakan kami, Trikatami, menjadi TKW pada Juli 2011 melalui PJTKI swasta PT ABS yang berkantor di Jakarta. Oleh karena itu, kami berharap PT ABS dapat memulangkan jenazahnya ke Indonesia, agar segera bisa dimakamkan di kampung halamannya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.