Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Gedung SD Disegel, Disdik Sumenep ke Pulau Raas

Kompas.com - 30/04/2013, 21:12 WIB

SUMENEP, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan menurunkan tim ke Pulau Raas untuk menyelesaikan kasus penyegelan SDN II Ketupat oleh sejumlah warga yang mengklaim sebagai pemilik lahan.

"Pimpinan meminta kami untuk ke Raas pada Rabu (1/5/2013), guna melakukan mediasi sekaligus mencari solusi atas kasus tersebut," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Sumenep, Fajar Santoso, Selasa (30/4/2013).

Pada Selasa pagi, sejumlah warga yang mengklaim sebagai ahli waris pemilik lahan yang ditempati Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Ketupat di Desa Ketupat, menyegel sekolah tersebut.

Pintu gerbang SDN II Ketupat itu digembok oleh sejumlah warga, sebagai simbol telah disegel dan meminta pemerintah daerah segera membeli atau membayar sewa atas lahan yang ditempati sekolah itu.

"Informasi yang kami terima dari Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdik di Raas, lahan yang ditempati SDN II Ketupat itu memang dipersoalkan oleh sejumlah warga sejak beberapa tahun lalu," ujarnya.

Fajar mengatakan, beberapa tahun lalu, Disdik Sumenep sebenarnya telah berusaha menyelesaikan persoalan tersebut.

"Mohon maaf, kami adalah pejabat baru. Namun, informasi yang kami terima dari pimpinan kami, upaya penyelesaian menemui jalan buntu, karena tidak ada kesepakatan tentang harga penggantian lahan yang ditempati sekolah tersebut," paparnya.

Ia juga mengemukakan, pihaknya akan memastikan kasus penyegelan itu tidak sampai membuat para siswa SDN II Ketupat kehilangan hak belajarnya.

"Solusinya adalah kegiatan belajar mengajar (KBM) akan berlangsung di rumah warga setempat. Itu akan kami upayakan secepatnya guna memastikan para siswa tidak kehilangan hak belajarnya," kata Fajar.

Secara keseluruhan, jumlah siswa SDN II Ketupat sebanyak 112 orang, dan 19 di antaranya siswa kelas VI yang akan mengikuti ujian nasional pada pekan depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com