Kompas.com - 30/04/2013, 17:52 WIB
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku penipuan dengan modus penggandaan uang, Sutawi (54), warga Sukoharjo, Wedarijaksa, Pati, dibekuk jajaran Polsek Cangkringan, Yogyakarta, Senin (29/4) pukul 20.00.

Sutawi merupakan buron Polsek Tengaran, Semarang, atas kasus penipuan penggandaan uang. Kapolsek Cangkringan Ajun Komisaris Surahman mengatakan, tertangkapnya tersangka hasil kerja sama Polsek Cangkringan bersama jajaran Polsek Tegaran, Semarang.

Tersangka sudah diintai selama beberapa hari, tetapi baru ditangkap pada Senin malam. Dalam pemeriksaan awal, terungkap bahwa Sutawi menggunakan modus mencari klien yang berniat melipatgandakan uang. Pelaku melarikan uang prasyarat yang telah disetorkan korban.

"Kepada para korbannya, tersangka mengungkapkan bahwa dia bisa menggandakan uang. Caranya dengan melakukan ritual," tutur Surahman, Selasa.

Suratman mengungkapkan, korban terakhir Sutawi adalah Juansyah (50), warga Sruwen, Semarang. Pada 11 April 2013, Juansyah menyetor uang sebesar Rp 50 juta untuk dilipatgandakan menjadi Rp 2 miliar.

"Selain untuk melarikan diri, tersangka datang ke Sleman diduga untuk mencari korban lagi," kata Sutawi.

Dari tangan Sutawi, polisi menyita barang bukti berupa 1 ponsel dan 1 dompet milik tersangka. "Tersangka langsung dibawa ke semarang karena tempat kejadian perkaranya di sana," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X