Kompas.com - 30/04/2013, 15:55 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JENAMAS, KOMPAS.com — Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, dipicu penghitungan kuota yang kurang tepat. Kuota hanya dihitung dari jumlah kendaraan bermotor di darat, padahal BBM juga digunakan nelayan, transportasi sungai, dan generator.

Camat Jenamas Kujang Rosayadi di Jenamas, Selasa (30/4/2013), mengatakan, setiap hari Jenamas membutuhkan 3.500 kiloliter premium dan 4.500 kiloliter solar. Selain transportasi di darat, BBM juga digunakan untuk perahu sebagai sarana transportasi untuk menyusuri Sungai Barito.

Perahu masih amat diandalkan masyarakat Jenamas yang bermukim di sekitar sungai tersebut. Selain itu, sekitar 80 persen dari penduduk Jenamas menggantungkan hidup dari penangkapan ikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Barito Selatan, jumlah penduduk kabupaten itu sebanyak 9.071 orang.

Masyarakat Jenamas juga membutuhkan BBM untuk generator karena listrik kerap padam. Karena itu, BBM juga digunakan untuk banyak keperluan selain mobil atau sepeda motor. Kondisi tersebut memicu harga BBM yang tinggi sebesar Rp 10.000 per liter untuk premium dan Rp 8.000 per liter untuk solar.

"Jangankan di Jenamas, di ibu kota Kabupaten Barito Selatan, yakni Buntok, BBM saja langka. Di Kalteng pun, antrean pembeli BBM terjadi merata," tutur Kujang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.