Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik, Presiden Berikan Bantuan Tunai

Kompas.com - 30/04/2013, 14:11 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pemerintah wajib memberikan kompensasi untuk rakyat miskin yang terkena imbas jika kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dilaksanakan.

Menurut Presiden, inflasi pasti akan meningkat jika harga BBM naik. Jika tidak diproteksi dengan kebijakan kompensasi, kata dia, rakyat miskin akan mengalami persoalan dalam kehidupannya. Sebaliknya, bagi kalangan mampu, kenaikan BBM tidak terlalu berpengaruh.

Lantas apa kompensasi yang akan diberikan pemerintah? Presiden akan kembali mengambil kebijakan seperti periode pertama pemerintahannya, yakni dengan memberikan uang tunai kepada masyarakat. Jika dulu diberi nama bantuan langsung tunai (BLT), program nanti bernama bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Adapula bantuan tunai lainnya, yakni beasiswa untuk rakyat miskin dengan uang tunai. Tak dijelaskan apakah uang tunai itu akan diberikan langsung ke siswa atau ke sekolah. Kompensasi tunai lain ialah program keluarga harapan. Adapun kompensasi di luar uang ialah seperti beras miskin dan program kesetiakawanan sosial dengan menggelar pasar murah.

Berapa besaran bantuan yang akan diberikan pemerintah? "Jawabannya tergantung berapa besar kenaikan BBM," kata Presiden ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2013 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Acara itu dihadiri jajaran kabinet, gubernur, bupati/wali kota, dan pimpinan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di seluruh Indonesia.

Presiden menambahkan, pemerintah masih menghitung perkiraan inflasi untuk menetapkan harga baru BBM. Akan dilihat pula kemampuan anggaran negara. Pernyataan Presiden itu sekaligus membantah isu yang beredar bahwa harga baru BBM akan diumumkan sekaligus berlaku hari ini.

"Kapan harga BBM naik? Jawabannya bila dana kompensasi sudah siap. Begitu harga BBM naik, itu kita alirkan," pungkas Presiden.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Subsidi BBM untuk Orang Kaya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com