Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Waspadai Banjir dan Longsor di Sulawesi Utara

Kompas.com - 30/04/2013, 00:33 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terjadinya peningkatan awan hujan di Sulawesi Utara yang berpotensi mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

"Peringatan dini tersebut belum dicabut sehingga harus diwaspadai oleh warga dan semua pemangku kepentingan terkait di daerah ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara Hoyke Makarawung, Senin (29/4/2013) di Manado. Dia mengatakan, peringatan dini tersebut diberikan seusai pemantauan citra radar dan satelit cuaca sejak 27 April 2013.

Dampak yang dapat ditimbulkan adalah terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro, dan Minahasa (Manado). Hujan ini diperkirakan berlangsung hingga malam hari.

"BPBD terus memonitor dan berkoordinasi dengan instansi terkait yang ada di kabupaten dan kota. Beberapa petugas bahkan sudah ditempatkan di lokasi-lokasi rawan bencana banjir dan longsor," kata dia. Makarawung mengharapkan, warga yang berada di daerah rawan longsor dan banjir tetap meningkatkan kewaspadaan, serta tidak menempati rumah pada saat curah hujan tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com