Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Pekan Lalu Melemah 0,40 Persen

Kompas.com - 29/04/2013, 07:53 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan sepanjang pekan lalu melemah 19,95 poin atau sekitar 0,40 persen. Tekanan ambil untung diperkirakan masih akan mewarnai indeks sepanjang pekan ini.

Selama sepekan, investor asing mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 398,26 miliar atau lebih rendah dari pekan sebelumnya sebesar Rp 475,97 miliar. Merujuk pada data Bursa Efek Indonesia (BEI), hingga akhir pekan lalu investor asing masih mencatat pembelian bersih senilai Rp 18,8 triliun.

Analis Trust Securities, Reza Priyambada, memerkirakan pekan ini IHSG akan berada pada rentang dukungan di level 4.920-4.970 dan resisten di 5.017-.5043.

Secara teknikal IHSG membentuk pola seperti bearish harami di bawah upper bollinger bands. MACD masih terbatas kenaikannya dengan histogram positif yang memendek. RSI, William's %R, dan Stochastic terbatas kenaikannya di atas area jenuh beli dan cenderung melemah.

Menurut Reza, pola seperti di pekan pertama-kedua Maret lalu kemungkinan bisa saja terjadi. Yakni setelah IHSG gagal melanjutkan kenaikannya akan diikuti dengan pelemahan.

Sentimen pada pekan ini adalah rilis laporan keuangan dalam negeri, itu pun hanya ada di awal pekan, dan bakal selebihnya mengandalkan berita pembagian dividen dan rilis data-data ekonomi global. "Namun diharapkan data-data ekonomi global itu, termasuk data-data dalam negeri berupa inflasi dan neraca perdagangan dapat dirilis sesuai estimasi sehingga pelemahan yang terjadi masih dapat terbatas," kata Reza di Jakarta, Senin (29/4/2013). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com