Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Lokomotif Menggunakan Dua Crane

Kompas.com - 29/04/2013, 05:58 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Lokomotif tanpa masinis yang anjlok dan menghantam kandang kambing serta merusak 3 rumah di Desa Nolokerto, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, akhirnya berhasil dievakuasi, Minggu (28/4/2013) malam.

Evakuasi memakan waktu lebih dari lima jam. Evakuasi sendiri menggunakan dua crane yang didatangkan dari Cirebon dan Surabaya. PT KAI memberlakukan sistem buka tutup, agar perjalanan kereta yang melewati jalur utara, tidak mengalami keterlambatan parah.

Usai dievakuasi, lokomotif yang rusak parah dibawa ke depo di Stasiun Poncol Semarang. Humas PT KAI Daop IV Semarang, Surono mengatakan, proses evakuasi dilakukan dengan cara mengangkat loko dan dikembalikan ke rel.

"Roda lokomotif tidak mengalami kerusakan. Hal ini dikarena lokomotif terjerembab ke tanah yang lembek," katanya.

Evakuasi berjalan lamban, pasalnya lokomotif terperposok ke lumpur sehingga memaksa roda dilepas dan loko diangkat ke pinggir rel. Proses evakuasi lokomotif mendapat perhatian ratusan warga yang melihat dari dekat loko diangkat menggunakan crane.

Evakuasi lokomotif selesai sekitar pukul 10 malam dan perjalanan kereta api mulai normal setengah jam kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com