Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata Budaya dengan Belajar Kesenian Tradisional

Kompas.com - 28/04/2013, 18:31 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan biro perjalanan wisata membawa pelanggannya untuk melihat-lihat pertunjukan kesenian. Namun, Artventure, sebuah penyedia jasa di bidang wisata, berusaha mengajak pelanggannya mempelajari kesenian.

"Awalnya concern kami di pendidikan, budaya, dan lingkungan. Kebanyakan kami berlatar belakang kesenian. Kami lihat banyak travel agent, bawa trip cuma untuk lihat-lihat saja. Kami ingin pengunjung yang datang bisa membawa sesuatu pulang," kata Ronny dari Artventure, saat ditemui saat pameran wisata "Kompas Travel Mart" di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (28/4/2013).

Oleh karena itu, Artventure menawarkan paket-paket wisata budaya termasuk artbound yaitu outbound dengan program kesenian. Pelanggan Artventure pun diberikan pelatihan kesenian, mulai dari belajar angklung sampai menari tari Saman.

"Kami lebih concern pada seni tradisional. Kami ingin kenalkan kesenian tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan. Seperti alat musik tarawangsa di Sumedang, ini alat musik sepert rebab, bentuknya kotak," ungkap Ronny.

Selain itu, seperti dituturkan Arfan dari Artventure, pihaknya memiliki paket wisata budaya yaitu berkunjung ke kampung adat, seperti Kampung Kuta di Ciamis dan Kampung Naga di Tasikmalaya.

"Memang lebih di kawasan Jawa Barat. Kami berpusatdi Bandung. Karena ke kampung adat harus izin dulu ke ketua adat. Kalau di kawasan Jawa Barat, kami sudah kenal," tutur Arfan.

Kompas Travel Mart merupakan ajang pameran wisata tahunan yang diselenggarakan Harian Kompas. Acara ini berlangsung pada 26-28 April 2013 di mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta.

Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa membeli aneka kebutuhan wisata, mulai dari penginapan, tiket pesawat, paket perjalanan, juga alat-alat penunjang wisata lainnya. Masing-masing stan menawarkan promo harga spesial. Selain pameran, ajang ini juga diisi dengan beragam talkshow mengenai wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com