Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajinan Tangan Napi Pikat Pengunjung Pameran

Kompas.com - 27/04/2013, 18:06 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Tembok penjara tidak menghalangi para tahanan untuk menghasilkan kerajinan kreatif dan indah. Ini dibuktikan oleh ratusan napi di lembaga permasyarakatan Polewali Mandar, Sulawesi Barat lewat pameran karya kerajinan dalam rangka memperingati hari bhakti pemasyrakatan ke 49, Sabtu (27/4). 

Mereka memamekarkan hasil kerajinan tangan mereka yang indah dan bernilia ekonomis. Para napi juga memamerkan karya lukisan yang tak kalah dengan lukisan para penggiat seni lukis. Aneka produk kerajinan tangan seperti tas, dompet, tempat tissue, penutup nasi, lemari, cermin hias, dan aneka lukisan cantik lainnya dipamerkan dalam pameran itu.

Karya-karya para napi itu dibuat dari berbagai macam bahan seperti tas yang terbuat dari bahan plastik bekas yang dibungkus dengan kain sutera mandar atau penutup piring terbuat dari lidi daun kelapa.

Karya para napi itu tidak hanya memikat para penghuni lapas tapi juga warga sekitarnya. Tak heran jika mereka mendapat banyak pesanan dari luar lapas.

Salah satu primadona dalam pameran itu adalah karya lukisan dari Arman. Karya pria yang dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena terlibat kekerasan itu menarik minat banyak pengunjung pameran. "Saya bangga karena ini ternyata tak hanya diminati penghuni lapas tapi juga warga luar lapas. Itu terbukti dengan banyaknya pesanan dari luar," Arman.

Harga barang-barang yang dipamerkan relatif murah dan terjangkau berbagai kalangan. Aneka kerajinan tangan seperti tas, dompet, tempat tissue, penutup nasi dan kue, asbak, lemari, kursi hingga lukisan ditawarkan dengan harga Rp 25.000 - Rp 200 ribu per item.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com