Vaksin Disiapkan Jelang Sail Komodo

Kompas.com - 27/04/2013, 03:03 WIB
Editor

Kupang, Kompas - Untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada September mendatang, pemerintah kabupaten di provinsi tersebut harus memvaksin antirabies terhadap populasi anjing di wilayah itu.

Penasihat Komite Rabies Flores-Lembata, Maria Geong, Kamis (25/4), di Kupang, menyatakan, jika pengendalian dan pemberantasan tak segera dijalankan, penyakit itu mengancam penyelenggaraan acara. Sebab, pada acara tersebut, sejumlah kabupaten menjadi lintasan peserta dan turis Sail Komodo.

Rabies yang dikenal dengan anjing gila merupakan infeksi viral dan akut pada susunan saraf, yang ditandai kelumpuhan progresif dan berujung pada kematian. Penyakit ini berbahaya karena bisa menular dari hewan ke manusia.

”Pengendalian, pencegahan, dan pemberantasannya harus seintensif mungkin. Wilayah tersebut harus terbebas dari rabies. Sebab, selama 16 tahun, provinsi ini masih belum bebas,” ujar Maria.

Selain vaksin, puskesmas dan rumah sakit juga harus siap, termasuk terhadap ketersediaan vaksin antirabies. ”Di dunia kepariwisataan, rabies adalah penyakit nomor dua yang ditakuti turis setelah malaria,” tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur, populasi anjing di Flores-Lembata tercatat sekitar 250.000 ekor. Adapun vaksin yang disiapkan 350.000 dosis.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ende Regina Anaawa mengatakan, vaksinasi anjing pada tahun ini ditargetkan di atas 80 persen. (SEM)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.