Kompas.com - 26/04/2013, 16:18 WIB
EditorAgus Mulyadi

PADANG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sumatera Barat mengamankan 41 unit alat berat jenis eskavator yang digunakan penambang emas ilegal di sepanjang aliran Sungai Batanghari.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Noer Ali, di Padang, Jumat (26/4/2013), mengatakan, eskavator yang digunakan penambang ilegal di sepanjang aliran Sungai Batanghari, yang diamankan dan menjadi barang bukti untuk tambang emas ada sebanyak 41 unit.

"Eskavator tersebut diamankan dari wilayah Kabupaten Dhamasraya dan Solok Selatan. Saat ini masih dalam pengembangan," kata Noer.
 
Dia menambahkan, dari 41 eskavator yang dijadikan barang bukti yang diamankan oleh tim terpadu Polda Sumbar tersebut, masih ada sekitar 17 eskavator yang belum diketahui siapa pemiliknya. Saat ini sedang dilakukan penyelidikan kepemilikan tersebut, agar dapat mengungkap penambang ilegal tersebut.

Hal itu disampaikan kapolda yang baru menjabat di Sumbar sejak satu bulan lalu, dalam konfrensi pers terkait penanganan penambangan ilegal di Kabupaten Solok Selatan, serta tambang emas lainnya di daerah itu.

Konferensi pers itu juga dihadiri Bupati Solok Selatan, Musni Zakaria. Ia menyambut baik tindakan yang mulai dilakukan aparat penegak hukum provinsi itu.

Sehubungan dengan pengamanan barang bukti 41 eskavator tersebut, Kapolda Sumbar juga menjelaskan, saat ini telah ada 10 orang tersangka diamankan yang diduga sebagai pemilik eskavator penambangan emas sepanjang aliran sungai tersebut.

"Untuk saat ini telah ada 10 tersangka. Berkasnya telah kita serahkan kepada jaksa penuntut umum, demikian juga dengan beberapa eskavator sebagai barang buktinya tersebut," ujar Noer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.