Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kedua Longsor di Garut Ditemukan Membusuk

Kompas.com - 26/04/2013, 12:26 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Kepala BPBD Kabupaten Garut Zatzat Munazat menyatakan, satu lagi jenazah korban longsor di Pegunungan Kamojang, Garut, telah ditemukan di dasar tebing longsor, Jumat (26/4/2013). Identitas mayat korban belum diketahui karena kondisinya sudah membusuk. Selain itu, warga setempat di lokasi kejadian tidak ada yang mengenali ciri-ciri jenazah.

"Satu lagi mayat korban sudah ditemukan di dasar tebing tadi sekitar pukul 10.30 WIB. Tapi, identitas mayat belum diketahui karena belum ada yang mengenalinya, warga setempat di lokasi kejadian pun tidak mengetahui ciri-ciri korban," terang Zatzat kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon, Jumat siang.

Menurut Zazat, satu jenazah korban yang ditemukan merupakan tiga dari warga yang tertimbun longsor. Seorang korban bernama Elah (40), telah ditemukan tim penanggulangan bencana Selasa lalu. Sehingga, diperkirakan masih ada satu lagi korban tewas yang masih tertimbun longsor.

"Mayat korban yang ditemukan ini kondisinya mulai mau membusuk, badannya sudah membiru dan rambutnya sudah mulai rontok. Mayat terimbun longsoran tanah dengan kedalaman sekitar lima meteran," tambah Zatzat.

Saat ini, tim penanggulangan bencana dari berbagai unsur, BPBD, TNI, Polri dan dibantu warga setempat, masih melakukan penggalian untuk mencari satu lagi mayat korban. Kuat dugaan, mayat korban masih terkubur si sekitar tumpukan material longsoran tanah. "Kami masih mencarinya hingga batas waktu terakhir pencarian. Diduga mayat satu lagi masih tertimbun longsor dan kami belum menemukannya," tambah Zatzat.

Hasil pencarian sampai Jumat siang ini, dua dari tiga korban longsor telah ditemukan. Tim menggali tumpukan longsoran tanah menggunakan alat berat dan cangkul dengan disemprot air. Pasalnya, semprotan air akan memudahkan penggalian longsoran tanah saat pencarian korban.

"Alat berat bisa dijalankan dibantu penyisiran anggota tim menggunakan cangkul dan semprotan air untuk menggali longsoran tanah," kata Zatzat.

Diberitakan sebelumnya, satu dari tiga korban yang tertimbun longsor sebuah tebing di kawasan pegunungan Kamojang, Garut, telah ditemukan, Selasa (23/4/2013) pagi sekitar pukul 09.00. Korban ditemukan tewas tertimbun material longsoran tanah di sebuah tebing.

Ketiga korban tertimbun longsor setelah sebuah tebing pegunungan dengan ketinggian sekitar 300 meter di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, longsor, Sabtu kemarin. Longsor itu menimpa tiga orang warga yang sedang bertani di bawahnya. Mereka adalah Elah (40), Enoh (40) dan Juhaena (36). Semua korban berasal dari Kampung Pamulaan RT 01/01 Desa Parakan, Kecamatan Samarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com