Kompas.com - 25/04/2013, 14:43 WIB
EditorI Made Asdhiana

LABUAN BAJO, KOMPAS - Setidaknya 127 kapal dari 47 negara dipastikan akan berpartisipasi pada Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur. Jumlah negara peserta dimungkinkan bertambah karena kegiatan bertema ”Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia” itu puncaknya akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, 14 September 2013.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Theodorus Suardi di Labuan Bajo, Rabu (24/4/2013) siang. ”Hari-hari ke depan instansi ini sangat sibuk untuk memantapkan berbagai persiapan menyongsong peluncuran Sail Komodo skala lokal yang menurut rencana digelar pada 6 Mei mendatang,” katanya.

Peluncuran Sail Komodo tingkat nasional menurut rencana dilakukan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono pada bulan September. Sementara peluncuran di tingkat lokal Manggarai Barat dilakukan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

”Tujuan peluncuran tingkat lokal untuk menggemakan kegiatan Sail Komodo sejak dini. Artinya, setidaknya di lingkungan masyarakat Manggarai Barat dan sekitarnya atau NTT sehingga warga juga lebih siap dan tak sekadar menjadi penonton,” lanjutnya.

Labuan Bajo di ujung barat Pulau Flores adalah gerbang masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo. Ada dua pulau besar di kawasan ini, yakni Komodo dan Rinca, sebagai habitat utama binatang purba tersisa, komodo.

Keberadaan binatang langka dan ganas itu sejak tahun 2012 masuk dalam tujuh keajaiban dunia baru. Adapun Taman Nasional Komodo sejak 19 Desember 1991 ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Secara terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Sustyo Iriyono mengatakan, pihaknya pada Minggu (28/4/2013) secara khusus akan menggelar lomba sampan layar dan sampan bermesin ketinting di perairan sekitar Labuan Bajo di Taman Nasional Komodo. Lomba itu melibatkan lebih dari 100 sampan milik nelayan Labuan Bajo, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Kegiatan lomba untuk memeriahkan kegiatan menyongsong Hari Bumi, sekaligus menggemakan Sail Komodo yang paling tidak akan diikuti peserta dari 47 negara,” kata Sustyo. (ANS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.