Jalan Pantura Ditangani

Kompas.com - 25/04/2013, 02:39 WIB
Editor

Brebes, Kompas - Kerusakan yang terjadi pada sejumlah ruas jalan pantai utara Jawa akan segera diperbaiki, terutama pada ruas jalan Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pada ruas sepanjang 500 meter tersebut akan ditangani dengan jalan beton.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto saat meninjau jalan pantai utara (pantura) Klampok, Rabu (24/4). Menurut dia, secara keseluruhan, panjang jalur pantura antara Anyer-Panarukan mencapai 1.100 kilometer.

Pada beberapa titik, saat ini rusak. Namun kerusakan terparah terjadi pada ruas jalur pantura Klampok sepanjang 500 meter. Kerusakan pada ruas tersebut menjadi perhatian utama, dan mendesak untuk segera diperbaiki. Dari pantauan, kerusakan pada ruas Klampok terjadi hampir merata pada badan jalan sisi utara (untuk arus kendaraan dari barat atau Jakarta). Selama beberapa pekan terakhir, pada ruas itu banyak ditemukan jalan bergelombang dan lubang, hingga diameter lebih dari setengah meter.

Pada Rabu kemarin, jalan yang berlubang dan bergelombang terlihat sudah diuruk dengan menggunakan batu-batu kecil. Meskipun kondisi jalan sudah terlihat rata, tetapi urukan tersebut menimbulkan debu saat jalan dilewati kendaraan.

Menurut Djoko, kerusakan pada ruas tersebut karena jalan sering tergenang banjir. Oleh karena itu, pada ruas tersebut akan ditangani dengan jalan beton, dan dibuat gorong-gorong. Perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu satu hingga dua bulan sehingga selama perbaikan, arus lalu lintas akan terganggu. ”Semoga masyarakat bisa mengerti,” ujarnya.

Selain di Jawa Tengah, beban angkutan truk yang melintas di jalan penghubung antara Cianjur, Sukabumi, dan Bogor di Jawa Barat, akan dibatasi melalui peraturan Gubernur Jawa Barat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sukabumi Akhmad Riyadi mengatakan, langkah tersebut perlu diambil untuk menjaga kondisi jalan yang kerap rusak dan menimbulkan kecelakaan. (WIE/HEI)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X