Kompas.com - 24/04/2013, 22:04 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim pemenangan pasangan cagub-cawagub Jatim, Eggi Sudjana-Sihat tetap yakin pasangan calonnya akan lolos verifikasi faktual. Mereka juga membantah telah memanipulasi data dukungan sebagaimana yang dituduhkan Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur.

Ketua Tim Pemenangan Eggi Sudjana-Sihat, Fatoni, mengungkapkan, sedikit kesalahan administrasi  yang dilakukan timnya sangat wajar, mengingat dukungan KTP dan surat dukungan mencapai jutaan.

''Jika nanti aturannya harus mengganti dua kali lipat kami siap. Tim kami tidak mungkin melakukan manipulasi data dukungan,'' jelasnya, Rabu (24/4/2013).

Terkait kesalahan nama cawagub, pihaknya mengaku memang menggantinya dengan nama M Sihat, sebelumnya dicantumkan Edi Prasetyo.

''Nama Edi Prasetyo sudah dicoret dan diganti nama M Sihat, pencoretan itu disertai tanda tangan dan materai,'' jelasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Jatim mengungkapkan, banyak berkas Eggi Sudjana-Sihat tidak memenuhi syarat pada proses verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota. Menurut laporan Panwas Nganjuk dan Tuluangagung, ada ketidakcocokan berkas surat dukungan dengan fotokopi KTP.

Selain itu, nama pasangan pendamping Eggi Sudjana ditemukan tidak sama, yakni Edi Prasetyo (cawagub lama), tapi ditandatangani oleh M Sihat (cawagub baru).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eggi Sudjana-Sihat yang merupakan pasangan jalur independen pertama di Jatim ini telah mendaftar ke KPU Jatim awal bulan lalu. Pasangan ini berhasil mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 1.135.748 orang yang tersebar di 37 kabupaten. Jumlah itu melebihi syarat minimal pasangan independen sebanyak 1.118.097 orang atau memenuhi 3 persen dari jumlah penduduk Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.