Kompas.com - 24/04/2013, 21:22 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MUARA TEWEH, KOMPAS.com- Sebagian ruang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, rusak berat. Sudah lebih dari 10 tahun ruang-ruang sekolah di Desa Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah, itu dibiarkan rusak.

Kepala SMP Negeri 4 Muara Teweh, Subakir, Rabu (24/4), mengatakan, kerusakan paling berat terdapat di ruang keterampilan. Ruang itu dipenuhi coretan di dinding. Sebagian atap ruang itu sudah bolong. Di lantai, terlihat sampah-sampah berserakan.

Kondisi hampir sama tampak di laboratorium ilmu pengetahuan alam. Gundukan tanah kering dibiarkan di tengah ruang tersebut.

Ruang lain yang rusak berat yakni kantin. Ruang-ruang yang rusak berat tidak bisa lagi digunakan. Ruang perpustakaan sekolah itu juga rusak ringan tetapi tetap harus diperbaiki.

"Kalau perpustakaan masih difungsikan. Hanya saja, sebagian atapnya bolong. Kalau hujan, bocor. Murid-murid harus praktik di kelas. Peralatan laboratorium dibawa ke sana," ujarnya.

Hanya lima ruang untuk kegiatan belajar yang bisa digunakan. Itu pun, banyak jendela yang rusak atau kacanya hilang.

Subakir mengatakan, pihaknya sudah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Utara agar ruang-ruang sekolah itu diperbaiki namun belum juga direalisasikan. Terakhir, permintaan disampaikan pada Februari 2013 kepada DPRD Kabupaten Barito Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.