Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solar Langka di Jateng, Gubernur Surati Presiden

Kompas.com - 24/04/2013, 21:09 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyatakan telah melayangkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kementerian ESDM terkait kekurangan bahan bakar solar yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah akhir-akhir ini.

"Kami sudah mengajukan penambahan kuota solar untuk beberapa daerah di Jateng sekitar seminggu yang lalu. Tapi sampai sekarang belum direspons," kata Bibit di rumahnya di Magelang, Rabu (24/4/2013).

Menurut Bibit, permasalahan solar adalah urusan pemerintah pusat dan kebijakan minyak itu juga menjadi wewenang pusat. Adapun pihak pemerintah provinsi hanya bersifat memberikan laporan kepada pemerintah terkait kekurangan solar tersebut.

Sementara itu, terkait maraknya aksi demo dan pemogokan angkutan umum akibat kelangkaan solar, Bibit berpendapat, masyarakat juga seyogyanya memahami bahwa negara sudah berbuat baik untuk kepentingan masyarakat.

"Jadi kalau ada permasalahan harus dibicarakan dengan baik untuk mencari solusi. Karena tidak mudah juga mencari solusi. Permasalahan negara ini juga ora entheng (tidak ringan)," tandas Bibit.

Diberitakan, banyak angkutan umum terutama armada bus melakukan aksi mogok beroperasi di berbagai daerah di Jateng seperti di Kebumen, Temanggung, Wonosobo, dan Magelang. Aksi ini merupakan dampak dari kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di beberapa SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com