Kompas.com - 24/04/2013, 14:47 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BANYUMAS, KOMPAS.com Ratusan angkutan umum di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya di Jawa Tengah, Rabu (24/4/2013), mogok massal. Aksi ini merupakan bentuk protes kebijakan pembatasan bersubsidi.

Berdasarkan pentauan Kompas, aksi mogok massal di Purwokerto diikuti ratusan angkutan penumpang dan barang. Para awak angkutan memasang berbagai poster pada kendaraan. Beberapa di antaranya bertuliskan, "Di mana Janji Pemerintah Menyejahterakan Rakyat", "Tolong Rakyat Kecil Jangan Dibikin Susah, "Permudah Solar", "Di mana Janji Pemerintah Menyejahterakan Rakyat", "Cilacap Gudang Solar, Kenapa Solar Susah", dan "Sedina Ngode, Rong Dina Prei (Sehari bekerja, dua hari libur)".

Mereka berkumpul di perempatan Tanjung, Purwokerto. Mereka juga menghentikan angkutan umum yang datang dari arah Cilacap dan memintanya ikut mogok massal. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Purwokerto menuju Cilacap dan Bandung macet.

Setelah itu, konvoi menuju Jalan Raya Gerilya untuk ke DPRD Banyumas. Beberapa insiden sempat terjadi saat awak angkutan yang unjuk rasa memaksa angkutan lain untuk ikut demonstrasi. Namun, aksi itu sempat dilerai petugas kepolisian yang mengawal aksi tersebut.

Penasihat Organda Banyumas, Sutanto, mengatakan, jika pemerintah menghendaki harga solar dinaikkan, lebih baik segera dilakukan. "Kami hanya ingin ketersediaan solar terjaga," ujarnya.

Unjuk rasa berakhir di DPRD Banyumas. Mereka kemudian menggelar audiensi dengan sejumlah anggota DPRD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.