Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindaian Hasil UN Diperketat

Kompas.com - 24/04/2013, 02:37 WIB

Jakarta, Kompas - Pengawasan terhadap pemindaian lembar jawaban ujian nasional akan diperketat untuk menghindari kesalahan dalam penilaian jawaban siswa. Langkah ini dilakukan agar siswa tidak dirugikan oleh kekisruhan proses distribusi soal dalam UN SMA sederajat, pekan lalu.

”Perguruan tinggi sudah diminta untuk lebih cermat, teliti, dan hati-hati dalam memindai lembar jawaban ujian nasional,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP/MTs bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Selasa (23/4).

Menteri mengakui, ada beberapa lembar jawaban siswa yang rusak atau berlubang. Beberapa lembar jawaban juga ada yang difotokopi karena sekolah kekurangan lembar jawaban. Untuk kasus itu, panitia harus menulis ulang jawaban siswa pada lembar jawaban resmi sebelum dipindai.

”Saya percaya penuh, tidak ada pihak yang akan mengganti jawaban siswa karena perguruan tinggi yang terlibat dalam pemindaian sudah terjaga kredibilatasnya” kata Nuh.

Terkait dengan lembar jawaban yang sangat tipis seperti dikeluhkan banyak siswa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Khairil Anwar Notodiputro menegaskan, kualitas kertas yang digunakan percetakan sudah sesuai dengan ketentuan, yakni kertas HVS 80 gram.

”Kualitas lembar jawaban itu harus sama dengan naskah soalnya karena dicetak bersamaan,” kata Khairil.

Naskah soal terlambat

Di Sumatera Barat, distribusi soal untuk ujian nasional SMP/MTs Rabu (24/4) ini mata pelajaran Matematika terlambat. Sampai selasa sore, soal belum diterima di sejumah kota dan kabupaten.

Ketua Penyelenggara Ujian Nasional wilayah Sumatera Barat Prof Dr Mansyurdin mengatakan, naskah soal baru diterima untuk Kota Padang, Kabupaten Solok Selatan, dan Sijunjung. Adapun di kabupaten lainnya, naskah soal belum diterima.

Di Sulawesi Utara, sejumlah SMP di pulau terluar seperti Pulau Marore dan Miangas, hingga Rabu, belum menyelenggarakan ujian nasional. Ini disebabkan, naskah soal untuk semua mata pelajaran belum diterima.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com