Kompas.com - 23/04/2013, 21:50 WIB
EditorFarid Assifa

CIREBON, KOMPAS.com - Ratusan truk angkutan barang tertahan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Cirebon, Jawa Barat, akibat kesulitan mendapatkan bahan bakar jenis solar bersubsidi.

Kartono, salah seorang petugas SPBU di Palimanan, Kabupaten Cirebon, Selasa (23/4/2013) mengatakan, ratusan truk dan bus angkutan umum tertahan di SPBU karena mereka kesulitan mendapatkan pasokan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi.

Ia menambahkan, kesulitan bahan bakar minyak mulai dirasakan akibat kiriman dari Pertamina untuk bahan bakar jenis solar bersubdisi dikurangi, sedangkan permintaan sepanjang jalur utama Pantura cukup tinggi karena dilalui oleh ribuan truk dan bus angkutan umum.

Sementara itu, Junanto petugas SPBU lain di Arjawinangun Kabupaten Cirebon mengaku, ratusan kendaraan truk dan bus angkutan umum tujuan Jakarta-Cirebon tertahan di SPBU karena perbekalan bahan bakar jenis solar bersubsidi tidak akan cukup.

Mereka sudah antre sejak dua hari lalu, kata dia, sehingga menganggu pembeli premium dan pertamax. Selalin itu, jalan utama arah Kabupaten Indramayu macet karena menghalangi jalur tersebut.

Sementara itu Tarno, sopir truk angkutan barang di SPBU Cirebon mengaku, kebutuhan solar dari Cirebon hingga Jakarta bisa mencapai 100 liter, kini tersisa paling hanya lima liter sehingga pejalanan akan terhambat karena bahan bakar solar tidak mencukupi.

Kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi sudah terjadi sekitar dua pekan, kata dia, meski harganya akan naik harapannya kebutuhan terpenuhi sehingga perjalanan lancar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.