Kompas.com - 23/04/2013, 18:28 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAMBI, KOMPAS.com -- Perusahaan outsourcing di Padang, PT AKP, menarik dana pajak pertambahan nilai kepada karyawannya, namun tidak pernah menyetorkannya kepada negara. Kerugian negara atas korupsi tersebut mencapai Rp 1,03 miliar.

"Kami telah menetapkan direktur utama perusahaan itu, RS, sebagai tersangka. Dan akan menyusul satu tersangka lainnya dalam waktu dekat," ungkap Ismiransyah Zain, Kepala Kantor Wilayah Sumatera Barat-Jambi, Selasa (23/4/2013) di Jambi.

Ismiransyah menjelaskan, kasus ini terungkap setelah pihaknya memperoleh data dari pengguna jasa. Selama tahun 2007 hingga 2010, para pekerja outsourcing di perusahaan itu telah dipotong gajinya sebesar 20 persen setiap bulan. Namun demikian, tim penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) kemudian mendapati fakta bahwa perusahaan outsourcing tersebut tidak pernah menyetorkan dananya kepada negara. Sepanjang waktu tersebut, kerugian negara telah mencapai Rp 1,05 miliar.

"AKP dengan sengaja tidak mendaftarkan diri dan tidak melaporkan kegiatan usahanya untuk dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak, namun menerbitkan faktur pajak dan tidak menyetorkan PPN yang telah dipungutnya ke kas negara," tutur Ismiransyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.