Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayi: Pemain Persib Harusnya Lokal Berkelas Internasional

Kompas.com - 23/04/2013, 17:46 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda berharap Persib Bandung tidak mengandalkan pemain asing untuk menjadi juara di berbagai laga.
 
Sejak lama Persib cukup banyak "dihuni" oleh pemain asing. Sudah beberapa tahun ini, belum ada sosok pemain atau pelatih yang mengantarkan juara untuk Persib.

Persib sangat rindu juara. Pada tahun 1995, tim berjuluk Maung Bandung ini menjadi juara dalam liga perdana Indonesia, yakni Piala Dunhil. Sampai saat ini Persib belum pernah lagi menjadi juara. 

Ayi berpendapat, Persib seharusnya "dihuni" para pemain lokal dengan kualitas internasional.

"Para pemain Persib itu seharusnya pemain lokal, tapi berkelas internasional," kata politisi asal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini di Bandung, Rabu (23/4/2013)
 
Dia berharap ke depannya, regenerasi pemain Persib tidak lagi mengandalkan orang asing lagi. Sebab, jika terus menerus mengandalkan pemain asing, pemain lokal akan semakin terpinggirkan. Akibat lain, lanjut Ayi, pemain lokal menjadi tidak terlatih dan tidak bisa mengembangkan kemampuannya.

 Permainan pemain Persib, menurut Ayi, memang sudah cukup bagus. Persib hampir tak pernah terkalahkan ketika bermain di kandang sendiri. Perolehan terburuk di kandang sendiri adalah saat Persib ditahan imbang 1 - 1 oleh Persipura Jayapura. Selebihnya Persib terus menerus menang di kandang sendiri.

Yang jadi pertanyaan, lanjut wakil wali kota, adalah ketika bermain di luar, "taring" Persib seolah menumpul sehingga hasilnya mengecewakan. Hanya beberapa partai saja Persib bisa meraih kemenangan, dan sisanya seri.

"Saat ini juga Persib sudah bagus, bagus, cuma kadang lemah ketika main di luar. Ini yang harus dipikirkan bagaimana caranya bisa mengatasi permasalahan ini," ungkap calon wali kota Bandung ini.

Ayi pun berharap dengan kondisi seperti sekarang ini, terutama didukung oleh materi pemain yang super bintang, Persib bisa meraih hasil maksimal dan mencapai puncaknya untuk menjadi juara.

"Persib bagus, ya, mudah-mudahan musim ini menjadi juara. Harus yakin untuk menjadi juara. Kalau untuk Persib, saya selalu berdoa agar menjadi juara, tak henti-hentinya Persib selalu saya doakan terus," tutup Ayi lantas tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com