Kompas.com - 22/04/2013, 19:21 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan meminta Unit Pengelola (UP) Transjakarta untuk membuat tiket terusan yang terjangkau masyarakat. Hal ini dilaksanakan terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang dapat menyebabkan masyarakat beralih ke sepeda motor.

"Kita minta transjakarta untuk mulai memikirkan pembeludakan motor. Makanya, kita lagi siapkan tiket terusan yang murah. Jadi, sekali bayar bisa naik transjakarta sepuasnya se-DKI," kata Basuki di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia Jakarta, Senin (22/4/2013).

Menurut Basuki, rencana itu sangat penting karena apabila Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui kenaikan harga BBM bersubsidi, masyarakat yang tidak gemar menggunakan sepeda motor dapat menggunakan fasilitas bus transjakarta. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menambah unit bus transjakarta.

"Kalau bus tidak nyaman, paling enak dan paling nyaman, ya, pilihannya naik motor. Kalau banyak motor kan jadi semrawut, jadi kita harus banyak sediakan bus," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Basuki menyatakan bahwa Pemprov DKI konsisten akan menyediakan seribu unit transjakarta dan seribu unit bus ukuran sedang untuk menambah moda transportasi di Jakarta. Pemprov DKI berencana merealisasikan penambahan 694 unit transjakarta pada tahun ini.

Dengan jumlah itu, Basuki mengklaim bahwa pemerintahan Jokowi-Basuki mampu menyamakan jumlah pengadaan bus transjakarta selama delapan tahun sejak transjakarta terbentuk. Untuk menunjang realisasi itu, Basuki juga menargetkan Pemprov DKI dapat membangun 40 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) pada tahun ini.

"Kita berterima kasih Menteri ESDM mau berkomitmen untuk membangun sampai 40 SPBG. Nah, supaya bisa dapat gas, kami juga berusaha mempercepat pengurusan perizinan ataupun administrasi," ujarnya.

Sebelumnya, Basuk menyatakan bahwa pengadaan 40 SPBG ini masih terkendala pada ketersediaan lokasi pembangunan SPBG tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.