Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Selamatkan Penumpang KM Marlin

Kompas.com - 22/04/2013, 14:54 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Nelayan Dusun Lai, Larike, Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, menyelamatkan dua penumpang KM Marlin, kapal yang dikabarkan hilang di perairan di sekitar Ambon sejak Jumat (19/4/2013) lalu. Dengan penyelamatan itu, sudah enam orang di kapal diselamatkan, dan tersisa 15 orang lagi di kapal.

Kedua penumpang yang diselamatkan itu bernama Peter Tuapattinaya (39) dan Atela Lakotani (33).

Sebelumnya, empat penumpang yang juga diselamatkan nelayan tetapi oleh nelayan Desa Ureng, Leihitu Barat, adalah Alferos Temury (39), Adolof Sariowa (43), Wendi Rower (20), dan Eli Sariowa (23).

Menurut Peter, ia bersama Atela diselamatkan nelayan Lai pada Minggu (21/4/2013) sore. Mereka lalu menginap di rumah warga di Lai sebelum kemudian hari ini dibawa ke Administratur Pelabuhan Ambon dan selanjutnya ke kantor Dinas Sosial Maluku.

"Kami berdua naik perahu nelayan dan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk tiba di Lai," ujar Peter.

Dia mengatakan, sebenarnya ada tujuh perahu nelayan Lai yang siap mengangkut para penumpang tersebut. Namun penumpang menolak meninggalkan kapal. " Saya tidak tahu kenapa mereka tidak mau ikut naik perahu ke Lai," kata Peter.

Sementara tim penyelamat gabungan dari SAR Ambon dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai mengarahkan pencairan ke perairan di dekat Larike. Pencarian belum menemukan KM Larike.

Seperti diketahui, KM Lar ike kehabisan bensin, saat dalam perjalanan dari Pulau Nila, Maluku Barat Daya ke Waipia di Pulau Seram. KM Larike kehabisan bensin dan terapung-apung di laut sejak Rabu (17/4/2013).

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com