Kompas.com - 22/04/2013, 07:49 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran melalap 12 kontrakan dan 5 kios di permukiman padat penduduk Jalan Warung Jengkol RT 04 RW 02, Rawaterate, Cakung, Jakarta Timur, Senin (21/4/2013) dini hari. Sebanyak 30 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Mulyanto mengatakan, api mulai nampak sekitar pukul 03.30 WIB dari kediaman milik Haji Bambang (48). Tanpa bisa diantisipasi, api pun menjalar ke bangunan yang ada di sekitarnya.

"Merembet sampai menghanguskan lima unit kios dan 12 kontrakan. Kami langsung menerjunkan 25 unit mobil DPK," ujar Mulyanto melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Senin pagi. Warga telat mengantisipasi penyebaran api, karena kebakaran terjadi saat sebagian warga sedang terlelap.

Api pun baru bisa dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian oleh 25 unit mobil pemadam kebakaran dengan bantuan warga setempat. Mulyanto mengatakan, berdasarkan kesimpulan penyelidikan sementara, musibah kebakaran itu disebabkan oleh hubungan arus pendek yang ada di rumah awal titik api.

Api cepat merembet ke bangunan lain karena kebanyakan menggunakan bahan kayu. "Tidak ada korban jiwa. Hanya ada yang shock saja. Kerugian dalam kebakaran dini hari tadi berkisar satu miliar (rupiah) lebih," lanjut Mulyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.