Kompas.com - 21/04/2013, 18:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peringatan Hari Kartini dan Opening Kedai Art Brut di Pasar Seni Ancol Taman Impian, digelar melukis bersama di atas kanvas sepanjang 40 meter. Dalam acara tersebut, banyak para peserta yang hadir turut melukis adalah perempuan.

"Ayo, karena ini Hari Kartini kita kasih kesempatan buat perempuan melukis. Silahkan," ujar Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi, yang turut ikut melukis saat Opening Kedai Art Brut di Ancol, Minggu (21/4/2013).

Pada kesempatan tersebut, turut pula hadir para pelukis perempuan Pasar Seni Ancol, salah satunya Naomi. Naomi yang juga memiliki galeri di Pasar Seni Ancol sejak tahun 2012 mengaku sangat suka melukis bertemakan dekoratif.

"Kebanyakan lukisanku home art decoration, kaya desain interior, seperti gambar-gambar bunga," katanya.

Namun, lanjut Naomi, kadang ia pun melukis gambar-gambar manusia, atau melukis sesuai dengan permintaan pelanggannya. Bahkan tak hanya melukis di atas kanvas, Naomi mengakui, tak jarang banyak yang memintanya untuk melukis tato pada tubuh.

"Aku kadang juga ngelukis sesuai mood. Waktu paskah waktu itu aku ngelukis Tuhan Yesus. Selain lukis ada juga teman-teman yang minta di tato. Ya aku senang saja membuatnya," katanya.

Naomi pun mengungkapkan, selain dirinya, ada beberapa pelukis perempuan lain yang ada di Pasar Seni, meski sedikit jumlahnya. Karena memang, melukis masih jarang ditekuni oleh orang kebanyakan, apalagi oleh perempuan.

"Karena seniman itu punya karakter yang enggak semua orang punya. Mereka punya kebebasan berinspirasi, berimajinasi, kreatifitas. Dan biasanya seniman itu memang keras. Kita punya satu prinsip, aku begini, aku begitu. Enggak gampang untuk ikut-ikut," tambah Naomi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.