Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Spesialis Tabung Gas Diringkus

Kompas.com - 20/04/2013, 19:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aparat Polres Gunungkidul, DI Yogyakarta, meringkus seorang pencuri dengan spesialisasi tabung gas 3 kilogram, Jumat (19/4/2013) malam.

Purwanto (37) ditangkap di rumahnya di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul. Menurut Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Suhadi, di rumah itu ditemukan 20 tabung gas siap jual.

Suhadi mengungkapkan, penangkapa itu berawal dari laporan warga yang resah karena sering terjadi pencurian tabung gas berukuran 3 kilogram di wilayah itu. Sebagian besar korban adalah warung.

"Pelaku ini cukup cerdik, dia selalu pindah-pindah lokasi untuk mengelabuhi polisi," kata Suhadi, Sabtu (20/4/2013), yang mengakui sempat mengalami kesulitan mengungkap kasus pencurian itu.

Namun berkat informasi dari warga masyarakat akhirnya penyelidikan mengarah ke Purwanto. Lebih lanjut Suhadi menjelaskan, saat sudah mengantongi identitas tersangka, anggota lantas mendatangi rumah Purwanto, yang berada di Kecamatan Wonosari.

"Saat didatangi dia sempat mengelak, namun petugas menemukan barang bukti berupa 20 tabung gas di rumahnya. Ada beberapa tabung gas yang sudah dia jual sebelum polisi datang," kata Suhadi.

Sementara itu Purwanto berdalih, dia mencuri untuk memenuhi kebutuhan keluarga. "Cari kerja sulit, saya terpaksa mencuri untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ujar lelaki yang kini meringkuk di tahanan Polresta Gunungkidul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com