Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tunggu Haji Banten 89.450 orang

Kompas.com - 18/04/2013, 22:46 WIB

SERANG, KOMPAS.com — Daftar tunggu calon haji Provinsi Banten mencapai 89.450 orang, atau sudah memenuhi kuota hingga pemberangkatan 2023.

Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran dan Dokumen Haji Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Huzaemi Abidin, di Serang, Kamis (18/4/2013), mengatakan, angka itu berdasarkan data hingga 10 April 2013.

"Untuk pemberangkatan 2023 sudah terisi sebanyak 4.610 calon haji, dari rata-rata kuota setiap tahun untuk Banten sekitar 8.540 orang," kata Huzaemi Abidin.

Ia mengatakan, untuk mengatasi tingginya daftar tunggu tersebut, saat ini Kementerian Agama telah megusulkan kepada Pemerintahan Arab Saudi tambahan kuota baru sebanyak 35.000 untuk haji se-Indonesia.

"Pembagian kuota tambahan itu merupakan kebijakan Kementerian Agama, namun umumnya yang diutamakan untuk daerah yang tinggi waiting list-nya seperti Provinsi Sulsel yang sudah mencapai 16 tahun ke depan," kata Huzaemi.

Huzaemi mengatakan, berkaitan dengan musim haji 2013, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Banten telah meminta Pemprov Banten segera menyerahkan daftar nama Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

Ia mengatakan, kuota TPHD dan TKHD untuk Provinsi Banten disiapkan sebanyak 57 orang. Kanwil Kemenag memberikan batas akhir penyerahan nama-nama TKHD dan TPHD Pemprov Banten 2013 hingga 3 Mei 2013.

"Suratnya sudah kami sampaikan ke Gubernur Banten, mudah-mudahan datanya segera masuk untuk proses pelunasan biaya hajinya," kata Huzaemi Abidin.

"Nantinya TPHD dan TKHD ini bertugas mendampingi jemaah haji asal Banten. Pada 2013 jumlah (jemaah) haji asal Banten yang akan berangkat sebanyak 8.541 orang yang tergabung dalam 19 kloter," katanya.  


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com