Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Sisa Bangkai Lion Air, Tim Tambah 1 Derek

Kompas.com - 18/04/2013, 19:20 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Untuk mengangkat sisa bangkai pesawat Lion Air Boeing 737-800 yang masih berada di atas perairan barat landasan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (18/4/2013), tim pemotong menambah satu derek lagi. Sebelumnya, tim kesulitan untuk mengangkat bangkai pesawat berupa badan dan sayap karena beban tak seimbang dengan kemampuan derek.

"Kendala ditemukan, saat ini power dari crane tidak cukup kuat mengangkat (bangkai) pesawat yang sudah terpotong-potong," ujar Kapten Asih Hamzah, Ketua Tim Pemotongan dan Evakuasi Lion Air, Kamis (18/4/2013).

Kemampuan satu derek maksimal mengangkat beban sekitar 50 ton, sementara berat badan dan sayap Lion diperkirakan lebih dari 70 ton. Tim pemindah badan pesawat Lion ini menargetkan sisa badan yang belum terangkat hari ini sudah bisa diangkat.

Jika dua derek masih kesulitan mengangkat, tim akan memotong badan dan sayap menjadi tiga bagian.

"Jadi, dua (bagian) dulu, kalau tidak kuat, jadi tiga, sayap kiri-kanan dipotong. Kita targetkan hari ini badan bisa terangkat," kata Asih.

Faktor kesulitan lain adalah kondisi lapisan-lapisan pesawat yang berada di bawah air yang mengakibatkan tim pemotong harus berhati-hati. Tim pemotong tidak boleh menggunakan api dan harus menggunakan pemotongan hidrolik sesuai saran dari teknisi Lion Air dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com