Kompas.com - 18/04/2013, 18:30 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SAMARINDA, KOMPAS.com — Polisi akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi tentang jumlah korban tenggelamnya Kapal Motor Karinda (Karya Indah) di Sungai Mahakam, Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur. Kepala KPPP Pelabuhan Samarinda Komisaris Harun Purwoko, Kamis (18/4/2013), mengungkapkan, jumlah penumpang ialah 68 orang yang diangkut untuk menyeberangi sungai.

Dalam kecelakaan itu, 46 orang sudah ditemukan. Dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu, 20 penumpang lain masih dalam pencarian. Pernyataan ini sekaligus menepis simpang siur mengenai jumlah penumpang yang beredar sebelumnya.

Terdapat kabar bahwa penumpang kapal naas itu adalah 40 hingga 60 orang saja. Kabar tersebut beredar karena kapal tidak disertai manifes penumpang. "Hasil keterangan para saksi, kepala seksi di perusahaan dan para kontraktornya, juga keterangan nakhoda, jumlah penumpang adalah 68 orang," kata Harun.

Dengan jumlah penumpang yang sebanyak itu, kata Harun, kapal sangat tidak laik menyeberang. Kapal sejatinya memiliki beban 44 orang. Pihak syahbandar sendiri menetapkan penumpang maksimal adalah 38 orang. "Sudah pasti ini overload," kata Harun.

Kenyataan berkata lain. Nakhoda membiarkan penumpang melebihi kelaikannya. "Saat naik, mereka berkumpul di anjungan. Kapal jadi miring dan bisa tenggelam," kata Harun.

Karena kejadian ini, polisi menetapkan nakhoda kapal, Teddy Noor Arifin, 20 tahun, sebagai tersangka. Ia dikenai Pasal 359 KUHP atas dasar kealpaan sehingga menyebabkan nyawa melayang. "Ancaman bisa sampai lima tahun. Belum lagi nanti kalau terbukti tidak memiliki surat kecakapan mengemudi kapal, akan dikenai Undang-Undang Pelayaran," kata Harun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.