Kompas.com - 18/04/2013, 16:38 WIB
|
EditorFarid Assifa

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Ucapan berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang dilontarkan salah satu murid Eyang Subur, H Ferry, dalam salah satu program acara televisi swasta nasional berbuntut panjang. Sejumlah tokoh adat masyarakat Dayak melakukan somasi terhadap yang bersangkutan untuk segera meminta maaf secara terbuka.

Sejumlah organisasi adat Dayak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (18/4/2013), menggelar jumpa pers terkait ucapan berbau SARA yang dilontarkan murid Eyang Subur di salah satu TV swasta nasional. Ucapan H Ferry dianggap mencela dan melukai perasaan masyarakat Dayak di seluruh Tanah Air yang selama ini secara pribadi maupun kelompok tidak turut serta dalam polemik antara Eyang Subur dan mantan muridnya.

Tokoh Dayak mengkhawatirkan ucapan tersebut dapat membentuk stigma negatif tentang suku Dayak. Untuk itu, melalui media massa, mereka menyomasi H Ferry agar dalam kurun waktu tiga hari dari Kamis meminta maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Dayak. Mereka mengancam, jika yang bersangkutan tak mengindahkan somasi ini, tokoh Dayak telah sepakat akan menempuh jalur hukum positif dan hukum adat Dayak.

"Oleh karena itu, kami meminta kepada saudara H Ferry untuk bersikap kesatria dengan meminta maaf dan mencabut perkataan tersebut dalam waktu tiga kali 24 jam terhitung dari tanggal 17 April 2013," ucap Hefraim Baboe, Ketua Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak.

Di program acara dialog yang mengangkat isu polemik antara mantan murid Eyang Subur dan pihak Eyang Subur di salah satu TV swasta nasional, H Ferry melontarkan ucapan kepada mantan murid Eyang Subur agar tidak berteriak karena dia bukan orang Dayak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.