Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, 111 Granat Aktif Ditemukan di Kebun

Kompas.com - 18/04/2013, 13:50 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

SORONG, KOMPAS.com — Sebanyak 111 granat jenis nenas bekas peninggalan Perang Dunia II diamankan tim Gegana Brimob Detaseman Kompi C dan Mapolres Sorong Kota, Kamis (18/4/2013).

Granat tersebut awalnya ditemukan warga di Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, saat akan membuka lahan untuk dijadikan kebun. Ratusan granat nanas tersebut oleh warga ditemukan terpendam dalam tanah.

Selain mengamankan ratusan granat, petugas juga mensterilkan lokasi penemuan untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan khawatir jika masih ada granat yang terpendam.

Saat ditemukan, kondisi granat telah berkarat, tetapi masih aktif, sehingga tim Gegana Brimob langsung melakukan penjinakan terhadap ratusan granat tersebut, dan mengamankannya ke kompi Brimob Detasemen Kompi C, Polda Papua, di Sorong Kota, Papua Barat.

Wakil Kepala Detasemen Kompi C Brimob Polda Papua di Sorong Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Madun, membenarkan telah mengamankan 111 butir granat jenis nanas dari warga di Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw.

Hingga saat ini, ratusan granat tersebut masih diamankan oleh tim Gegana di Markas Brimob Detasemen Kompi C, Polda Papua di Sorong Kota, dan dalam waktu dekat akan segera dimusnahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com