Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Penumpang KM Karya Indah Ditemukan

Kompas.com - 18/04/2013, 13:31 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com — Sebanyak 40 penumpang Kapal Motor Karya Indah yang tenggelam di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, telah ditemukan dan satu di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Posko Basarnas yang didirikan di Puskesmas Loa Janan, Kamis (18/4/2013), satu penumpang yang tewas bernama Nurhayati. Sebelumnya diberitakan, dua penumpang kapal tersebut tewas.

"Tapi data bisa selalu berubah, dan informasi yang diterima satu dengan yang lain bisa berbeda. Hanya saja, yang sudah ditemukan adalah 40 orang," kata Kepala Basarnas Mujiono.

Sampai saat ini terjadi kesimpangsiuran soal jumlah penumpang KM Karya Indah. Kapal itu memiliki izin mengangkut 44 penumpang.

"Menurut presensi dari PT Kalamor, 50 orang yang keluar dari perusahaan. Tapi jumlah orang yang mengaku selamat 39 orang, satu meninggal, dan 25 orang masih dicari. Itu berarti lebih dari 50 orang," kata Mujiono.

Seperti diberitakan, KM Karya Indah merupakan kapal penumpang yang mengangkut karyawan perusahaan plywood PT Kalamour, dari Dermaga Kalamour menuju Dermaga Loa Janan yang berjarak lebih kurang 500 meter menyisiri Sungai Mahakam.

Dari keterangan karyawan menyebutkan, ketika sore hari bertepatan dengan jam pulang perusahaan, biasanya kapal penumpang tersebut selalu dipenuhi sesak oleh penumpang.

KM Karya Indah tersebut tenggelam sekitar 50 meter dari Dermaga Loa Janan, Rabu (17/4/2013) petang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com