Kompas.com - 18/04/2013, 13:31 WIB
|
EditorKistyarini

SAMARINDA, KOMPAS.com — Sebanyak 40 penumpang Kapal Motor Karya Indah yang tenggelam di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, telah ditemukan dan satu di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Posko Basarnas yang didirikan di Puskesmas Loa Janan, Kamis (18/4/2013), satu penumpang yang tewas bernama Nurhayati. Sebelumnya diberitakan, dua penumpang kapal tersebut tewas.

"Tapi data bisa selalu berubah, dan informasi yang diterima satu dengan yang lain bisa berbeda. Hanya saja, yang sudah ditemukan adalah 40 orang," kata Kepala Basarnas Mujiono.

Sampai saat ini terjadi kesimpangsiuran soal jumlah penumpang KM Karya Indah. Kapal itu memiliki izin mengangkut 44 penumpang.

"Menurut presensi dari PT Kalamor, 50 orang yang keluar dari perusahaan. Tapi jumlah orang yang mengaku selamat 39 orang, satu meninggal, dan 25 orang masih dicari. Itu berarti lebih dari 50 orang," kata Mujiono.

Seperti diberitakan, KM Karya Indah merupakan kapal penumpang yang mengangkut karyawan perusahaan plywood PT Kalamour, dari Dermaga Kalamour menuju Dermaga Loa Janan yang berjarak lebih kurang 500 meter menyisiri Sungai Mahakam.

Dari keterangan karyawan menyebutkan, ketika sore hari bertepatan dengan jam pulang perusahaan, biasanya kapal penumpang tersebut selalu dipenuhi sesak oleh penumpang.

KM Karya Indah tersebut tenggelam sekitar 50 meter dari Dermaga Loa Janan, Rabu (17/4/2013) petang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.