Kompas.com - 18/04/2013, 09:02 WIB
EditorKistyarini

SAMARINDA, KOMPAS.com - Brimob Batalyon B Pelopor Polda Kaltim mengerahkan sedikitnya 70 personel ke lokasi tengggelamnya kapal KM Karya Indah di perairan Sungai Mahakam, Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Rabu (17/4/2013) sore. Dari 70 orang personel itu, 10 di antaranya adalah penyelam yang dijadwalkan mulai menyelami dasar Sungai Mahakam pagi ini, Kamis (18/4/2013).

Menurut Danyon Brimob Batalyon B pelopor Kaltim Kompol Deare Stono MHR Supit melalui Dangki I Iptu Wiwit Sudaryanto kegiatan penyelaman untuk pencarian korban kapal tenggelam belum bisa dilakukan malam hari (tadi malam,red). Karena, perairan Sungai Mahakam tidak mendukung dengan aliran yang deras.

“Kondisinya belum memungkin bagi tim penyelam untuk melakukan penyelaman. Jadi penyelaman akan dimulai besok pagi oleh 10 orang personel,” ujar Wiwit kepada Tribun, Rabu (17/4/2013) malam di posko utama (Dermaga PT Kalamur) tempat evakuasi dan pendataan korban.

Pada Rabu malam personel Brimob bersama Tim SAR gabungan baru melakukan penyisiran diperairan menggunakan kapal karet dan speed. Hingga pagi tadi, perkembangan pencarian masih nihil. Jumlah korban meninggal dunia yang terdata masih satu orang.

Seperti diberitakan, sebuah kapal pengangkut karyawan milik PT Kalamur di Loa Buah, Samarinda Kalimantan Timur tenggelam di perairan Sungai Mahakam sekitar pukul 17.30 WITA, Rabu (17/4/2013) sore. Kapal itu diketahui membawa sekitar sekitar 50 karyawan. Sebanyak 17 karyawan sudah berhasil dievakuasi dengan selamat, sementara 1 orang meninggal dunia.

Sejumlah karyawan di dalam kapal ikut tenggelam dan sebagian lainnya berenang mencari pertolongan. Beberapa unit perahu ketintin berbondong-bondong menuju ke TKP untuk menolong korban kapal tenggelam.

Kejadian tenggelamnya kapal ini menggegerkan warga di Kelurahan Simpang Tiga Loa Janan Ilir Samarinda. Ribuan warga sore hingga malam berbondong-bondong memadati Dermaga PT Kalamur dan Dermaga PT Melapi Timber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.