Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komdis Mulai Periksa Persibo

Kompas.com - 18/04/2013, 03:48 WIB

Jakarta, Kompas - Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia menggelar pemeriksaan perdana untuk menyelidiki dugaan pengaturan skor terkait dengan penampilan Persibo Bojonegoro di Piala AFC.

Sidang pemeriksaan yang digelar di Jakarta, Rabu (17/4) pukul 16.00-18.00, itu dihadiri Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Hinca Pandjaitan, Wakil Ketua Komdis Firdaus Dewilmar, serta tiga anggota Komdis, yakni Ma’ruf Syah, Alfred Simanjuntak, dan M Nigara. Hadir pula Chief Executive Officer (CEO) Persibo Ferry Kodrat.

Seusai pemeriksaan yang berlangsung tertutup itu, Hinca mengatakan, sebenarnya Komdis juga memanggil para pemain dan manajemen Persibo. ”Tapi, yang hadir hanya CEO. Yang lain diharapkan hadir pada sidang Rabu pekan depan,” katanya.

Soal data yang didapatkan dari Ferry, Hinca memaparkan, hal itu belum bisa dibuka sebab proses penyelidikan masih berlangsung dan Komdis masih mengumpulkan data. ”Selain memanggil pemain dan manajemen, kami juga akan mengumpulkan laporan pertandingan yang berasal dari pengawas pertandingan dan wasit,” ujarnya.

Penyelidikan yang dilakukan Komdis bermula setelah ada insiden memalukan dalam pertandingan babak penyisihan di Grup F Piala Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) antara Persibo dan Sunray Cave JS Sun Hei di Hongkong, 9 April lalu. Dalam laga melawan klub Hongkong itu, Persibo kalah telak 0-8.

Yang lebih menyedihkan, laga itu dihentikan pada menit ke-65 karena hanya enam pemain Persibo yang fit untuk terus bermain. Saat melawat ke Hongkong, Persibo hanya membawa 12 pemain sehingga hanya bisa sekali mengganti pemain.

Hinca menyatakan, pihaknya akan memanggil tim medis Persibo untuk memastikan apakah lima pemain yang tidak bisa terus bermain itu benar-benar cedera.

Ia menambahkan, selain laporan pertandingan 9 April itu, Komdis juga mengumpulkan laporan laga Persibo sebelumnya di Piala AFC. Hingga saat ini, Persibo telah melakoni empat kali pertandingan dan masih harus menjalani dua laga di Piala AFC.

Klarifikasi manajemen

Secara terpisah, Ferry Kodrat menyatakan, dalam sidang Komdis kemarin, pihaknya ditanyai sejumlah hal yang mengarah ke dugaan pengaturan skor. ”Antara lain, kenapa tim kami datang terlambat ke Hongkong dan kenapa hanya membawa 12 pemain,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com