Kompas.com - 17/04/2013, 20:43 WIB
EditorFarid Assifa

JAKARTA, KOMPAS.com — Evakuasi korban Kapal Motor Karya Indah yang tenggelam di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (17/4/2013), dihentikan sementara karena arus deras dan angin kencang. Rencananya, pencarian akan dilanjutkan besok pagi.

Informasi itu diungkapkan Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo kepada Kompas.com, Rabu. "Evakuasi sementara dihentikan karena arus deras dan angin kencang. Pencarian dilanjutkan besok pagi," jelas Sutopo.

Menurutnya, BPBD Provinsi Kalimantan Timur dan BPBD Kota Samarinda siaga di lapangan bersama Orari, Basarnas, dan petugas Satpol PP. Petugas juga sudah menurunkan peralatan perahu karet dan speedboat.

Setidaknya, masih ada 20 penumpang kapal motor Karya Indah di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, yang hingga kini masih hilang. Sementara satu orang dipastikan tewas dalam musibah ini. Korban meninggal adalah Nurhayati, karyawati PT Kalamur di Loa Buah.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari total 50 orang penumpang, ada 17 penumpang yang dievakuasi. Kapal pengangkut karyawan yang dikontrak perusahaan plywood PT Kalamur di Loa Buah, Samarinda, Kalimantan Timur, itu tenggelam di Sungai Mahakam sekitar pukul 17.00 Wita.

Peristiwa naas ini terjadi saat kapal mengangkut karyawan PT Kalamur dan PT Melapi Timber yang hendak pulang kerja. Berdasarkan informasi dari saksi mata yang juga pekerja borongan PT Kalamur yang ikut dikapal tenggelam itu, kapal yang tenggelam itu memuat sekitar 50 orang karyawan pekerja borongan.

Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

Berikut data sementara nama-nama karyawan /pekerja borongan PT Kalamur dan PT Melapi Timber yang sudah dievakuasi dalam kondisi selamat menurut data Kepala Kerja CV Dayu Sakti Mandiri, yang merupakan pemasok pekerja borongan di PT Melapi Timber dan PT Kalamur.

1. Munirah
2.Pedy
3. Hidayat
4, Ayu
5.Marjalia
6. Hasmia
7. Nanning
8.Hasbullah
9. Muh Syahril
10. Agustiar
11. Ardi
12.Salma
13. M Jaffar
14.Rafli
15.Abdul Kadir
16. Bahtiar
17.Lilis

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.