Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berpenumpang 50 Orang Tenggelam di Mahakam

Kompas.com - 17/04/2013, 19:56 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — Sebuah kapal pengangkut karyawan milik PT Kalamur di Loa Buah, Samarinda, Kalimantan Timur, tenggelam di perairan Sungai Mahakam, Rabu (17/4/2013) sekitar pukul 17.30 Wita.

Peristiwa naas ini terjadi saat kapal mengangkut karyawan yang pulang kerja di PT Kalamur dan PT Melapi Timber. Puluhan karyawan tersebut pulang pukul 17.00. Kejadian ini mengagetkan warga di Kelurahan Simpang Tiga, Loa Janan Ilir, Samarinda.

Ribuan warga berbondong-bondong memadati Dermaga PT Kalamur dan Dermaga PT Melapi Timber.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun dari saksi mata yang merupakan pekerja borongan PT Kalamur yang ikut di kapal tenggelam itu, kapal naas itu memuat sekitar 50 karyawan dan pekerja borongan yang hendak pulang seusai bekerja.

"Kapalnya tenggelam saat berada di tengah sungai. Awalnya, bagian depan kapal dimasuki air karena kelebihan muatan di depan. Saat itu, ada 10 orang yang duduk di bagian depan kapal, jadi memang agak berat di depan,” ujar Aksa, saksi, kepada Tribun.

Kondektur kapal, kata Aksa, sudah berteriak meminta sebagian karyawan yang duduk di depan agar pindah tempat duduk di belakang. Namun, karyawan tidak cepat mengindahkan. "Kemudinya sudah berteriak meminta tolong jangan banyak duduk di bagian depan kapal," tutur Aksa.

Hingga pukul 18.00 Wita, dari sekitar 50 penumpang kapal, sebanyak 17 orang sudah dipastikan selamat, sedangkan sebagian lainnya masih dalam pencarian dan pendataan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana dan pihak kepolisian.

Hingga berita ini diturunkan, petugas Badan Penanggulangan Bencana, pihak kepolisian setempat, dan Orari Samarinda masih mencari korban di perairan Sei Mahakam. Pencarian dilakukan dengan menggunakan kapal ketinting hingga ke arah kolong Jembatan Mahulu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com