Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPP Percaya Angka Sembilan

Kompas.com - 17/04/2013, 17:21 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal, Partai Persatuan Pembanguna dalam keikutsertaan pada Pemilu 2014 menghendaki nomor urut sembilan. Bukan hanya nomor urut partai , pendaftaran bakal calon anggota legislatif PPP ternyata ditutup pada pendaftaran sebanyak 1.161 orang.

"Hitung saja, angka 1.161 kan kalau dijumlah menjadi sembilan. Klenik ya memang agak klenik, kalau dipandang orang. PPP kan partai yang masih menghargai tradisi," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP Fernita Darwis sesaat sebelum diskusi Kuota Perempuan, Antara Kualitas dan Keharusan di KPU, Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Fernita mengatakan, secara teknis partainya sudah menyelesaikan DCS yang akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum. Dari jumlah 1.161 orang, penyaringan dilakukan untuk menentukan caleg sebanyak 560 orang.

Dari jumlah ini, sekitar 70 persen berasal dari kader internal PPP, sedangkan sisanya 30 persen berasal dari eksternal PPP. Sekurang-kurangnya, untuk menunjukkan komitmen PPP terhadap perempuan, perempuan ditempatkan pada urutan nomor pertama di sebanyak 77 daerah pemilihan, ujar Fernita.

Kemudian, Fernita juga menyebutkan, ada 22 dapil yang nomor urut 1-3 diisi oleh perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com