Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Bantu Polisi Tertibkan Peredaran Gula

Kompas.com - 17/04/2013, 10:18 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com -- TNI berupaya membantu polisi menertibkan peredaran gula ilegal asal Malaysia di Kalimantan. Sepanjang pekan lalu, personel TNI dari Korem 121/Alambana Wanawai, Kalimantan Barat, menyita 22,5 ton gula ilegal di Kabupaten Sanggau dan Sekadau.

"Kami ikut menertibkan saat polisi tidak melakukan razia. Namun, kasusnya langsung kami serahkan kepada polisi yang memiliki kewenangan penyedikan," kata Komandan Korem 121/Alambana Wanawai, Kolonel (Inf) Binarko Sugihantyo, Rabu (17/4/2013).

Binarko mengemukakan, penyitaan masing-masing dilakukan sepanjang Jumat dan Sabtu pekan lalu di Sanggau dan Sekadau. Penyitaan pertama dilakukan terhadap 160 karung gula ilegal seberat delapan ton. Lalu, penertiban kedua dilakukan terhadap 7,5 ton gula dan terakhir terhadap tujuh ton gula.

Gula ilegal asal Malaysia itu diangkut dari Balai Karangan dan Kembayan, Kabupaten Sanggau. Seharusnya, gula asal Malaysia itu hanya boleh didistribusikan untuk masyarakat di kecamatan yang paling dekat dengan garis batas negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com