Kompas.com - 16/04/2013, 15:28 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, potensi penghematan anggaran subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) akan mencapai Rp 21 triliun. Hal itu dilakukan bila harga BBM untuk mobil pribadi dinaikkan dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter.

"Tadi Wakil Menteri Keuangan bilang, penghematannya sekitar Rp 21 triliun kalau dengan harga Rp 6.500 per liter," kata Jero selepas Rapat Koordinasi tentang BBM Bersubsidi di Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Jero pun juga merasa senang karena dengan penawaran menaikkan harga BBM bersubsidi untuk mobil pribadi diterima oleh gubernur atau bupati seluruh Indonesia. Bahkan, Jero juga merasa kaget ada salah satu gubernur yang mengusulkan agar kenaikan harga BBM bersubsidi ini hanya satu harga saja, yaitu dinaikkan semua menjadi Rp 9.500 per liter.

Namun, dari kesepakatan antargubernur di dalam rapat koordinasi itu, semua mengusulkan agar harga BBM bersubsidi hanya dinaikkan bagi pemilik mobil pribadi dari semula Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter. Sementara bagi pemilik kendaraan roda dua dan angkutan umum, harganya tetap Rp 4.500 per liter.

"Namun, Presiden belum mengambil keputusan. Kami mau mendengar dulu pendapat dari para gubernur," tambahnya.

Yang paling penting, kata Jero, pemerintah ingin memastikan bahwa implementasi di lapangan berjalan lancar dan maksimal.

Nantinya akan ditentukan mekanisme penyaluran BBM bersubsidi oleh Pertamina, melibatkan BPH Migas, SKK Migas hingga Kapolri. Ini semua dilibatkan khususnya menangani keamanan distribusi BBM bila keputusan sudah resmi diambil.

Ikuti artikel terkait di Topik Subsidi BBM untuk Orang Kaya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.