Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Jakarta Siap-siap Ada Demo Harga BBM Naik

Kompas.com - 16/04/2013, 14:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan pemerintah pusat akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Hal ini disampaikan Basuki seusai mengikuti rapat kerja gubernur mengenai pengendalian BBM subsidi di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Pemerintah pasti menaikkan BBM. Pasti naik kok, ini skemanya kira-kira Rp 6.500," kata Basuki, Selasa (16/4/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan akan mengikuti peraturan dan kebijakan pemerintah pusat. Yang terpenting bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah memaksimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013 untuk memberikan jaminan kesehatan, pendidikan, perumahan, dan transportasi murah.

Basuki menjelaskan bahwa di dalam rapat kerja itu sempat didiskusikan apakah kebijakan pemberian BBM bersubsidi itu akan diberlakukan untuk semua kendaraan atau kendaraan pribadi (pelat hitam) saja, sedangkan pelat kuning dan motor tetap diperbolehkan menggunakan BBM subsidi. "Jadi, ya Jakarta siap-siap demo saja karena BBM naik," kata pria yang akrab disapa Ahok itu seraya tertawa dan meninggalkan wartawan.

Pemerintah mengusulkan menaikkan harga BBM bersubsidi khususnya untuk kendaraan pribadi naik dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter. Hal itu dilakukan untuk menekan defisit anggaran subsidi BBM. Kenaikan harga BBM tersebut diusulkan hanya berlaku untuk pemilik mobil pribadi sebab selama ini anggaran subsidi energi khususnya BBM bersubsidi justru dinikmati oleh orang kaya.

Di sisi lain, anggaran subsidi BBM ini ditekan agar lebih tepat sasaran sehingga harga BBM bersubsidi untuk kendaraan roda dua dan angkutan umum diusulkan untuk tidak naik. Kebijakan ini diusulkan akan diterapkan mulai Mei 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com