Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dievakuasi Paksa, Khiang Gagal Bakar Diri

Kompas.com - 16/04/2013, 13:31 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Setelah mengalihkan perhatian, polisi dan warga berhasil mengevakuasi paksa Ng Pheng Khiang (70) dari lantai dua ruko di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Selasa (16/4/2013). Khiang sudah bersiap-siap membakar diri sebagai bentuk penolakan terhadap rencana pembongkaran ruko.

Awalnya Khiang sudah memasang alarm berdurasi satu jam, meminta Wali Kota Pontianak Sutarmidji datang beradu argumen soal status ruko miliknya. Jika Sutarmidji tak datang hingga batas waktu, Khiang akan membakar diri. Dia sudah menyiapkan dua jeriken bensin di lantai dua rukonya.

Beberapa menit sebelum alarm milik Khiang berbunyi, beberapa warga dan polisi secara sembunyi-sembunyi naik ke lantai dua ruko setelah polisi mengalihkan perhatian Khiang menggunakan asap. Begitu Khiang bisa dipegang, polisi mengambil jeriken bensin, korek, dan beberapa perkakas yang sudah disiapkan di jendela. Evakuasi paksa berjalan dramatis karena Khiang bersikukuh bertahan di lantai dua rukonya dan ingin segera membakar diri.

Dia lalu dibawa petugas menggunakan kendaraan ke Polresta Pontianak. Pemkot Pontianak sudah membongkar bangunan pasar dan sebagian besar ruko di Pasar Flamboyan karena pasar yang sudah tak layak huni hendak direnovasi. Pembangunan sudah mulai dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com