Kompas.com - 16/04/2013, 13:31 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

PONTIANAK, KOMPAS.com — Setelah mengalihkan perhatian, polisi dan warga berhasil mengevakuasi paksa Ng Pheng Khiang (70) dari lantai dua ruko di Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, Selasa (16/4/2013). Khiang sudah bersiap-siap membakar diri sebagai bentuk penolakan terhadap rencana pembongkaran ruko.

Awalnya Khiang sudah memasang alarm berdurasi satu jam, meminta Wali Kota Pontianak Sutarmidji datang beradu argumen soal status ruko miliknya. Jika Sutarmidji tak datang hingga batas waktu, Khiang akan membakar diri. Dia sudah menyiapkan dua jeriken bensin di lantai dua rukonya.

Beberapa menit sebelum alarm milik Khiang berbunyi, beberapa warga dan polisi secara sembunyi-sembunyi naik ke lantai dua ruko setelah polisi mengalihkan perhatian Khiang menggunakan asap. Begitu Khiang bisa dipegang, polisi mengambil jeriken bensin, korek, dan beberapa perkakas yang sudah disiapkan di jendela. Evakuasi paksa berjalan dramatis karena Khiang bersikukuh bertahan di lantai dua rukonya dan ingin segera membakar diri.

Dia lalu dibawa petugas menggunakan kendaraan ke Polresta Pontianak. Pemkot Pontianak sudah membongkar bangunan pasar dan sebagian besar ruko di Pasar Flamboyan karena pasar yang sudah tak layak huni hendak direnovasi. Pembangunan sudah mulai dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.