Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Turut Hadiri Rakor Pengendalian BBM Bersubsidi

Kompas.com - 16/04/2013, 11:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama turut menghadiri rapat koordinasi seluruh Gubernur tentang pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kehadiran Basuki itu mewakili Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang berhalangan hadir karena menghadiri HUT ke-61 Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, peran kepala daerah sangat penting untuk menentukan kebijakan penghematan BBM subsidi. Oleh karena itu, kata dia, perlu adanya kesepahaman antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk mensuskseskan program tersebut.

"Melalui pertemuan ini, biar tidak ada lagi perbedaan pemikiran. Karena, seorang Gubernur itu merupakan kunci kebijakan di daerah-daerah dan ini bagian dari pemerataan," kata Jero, saat ditemui di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Jero mengatakan, pemberian BBM bersubsidi harus tepat sasaran, yaitu dinikmati oleh warga Indonesia menengah ke bawah. Selama ini, kata dia, penyaluran subsidi BBM mengalami distorsi, yaitu masyarakat yang mampu juga dapat menikmati hibah pemerintah. Kebijakan penghematan BBM ini, kata dia, tidak akan secara mudah dapat diterima masyarakat.

"Kebijakan ini sangat diperlukan, mengingat untuk mendukung kesejahteraan negara. Semua ini kompromi untuk bangsa, subsidi menurun, semua rakyat bisa menikmati," kata Jero.

Turut hadir pula dalam Rakor tersebut, antara lain Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com