Kompas.com - 16/04/2013, 11:34 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama turut menghadiri rapat koordinasi seluruh Gubernur tentang pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kehadiran Basuki itu mewakili Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang berhalangan hadir karena menghadiri HUT ke-61 Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, peran kepala daerah sangat penting untuk menentukan kebijakan penghematan BBM subsidi. Oleh karena itu, kata dia, perlu adanya kesepahaman antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk mensuskseskan program tersebut.

"Melalui pertemuan ini, biar tidak ada lagi perbedaan pemikiran. Karena, seorang Gubernur itu merupakan kunci kebijakan di daerah-daerah dan ini bagian dari pemerataan," kata Jero, saat ditemui di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Jero mengatakan, pemberian BBM bersubsidi harus tepat sasaran, yaitu dinikmati oleh warga Indonesia menengah ke bawah. Selama ini, kata dia, penyaluran subsidi BBM mengalami distorsi, yaitu masyarakat yang mampu juga dapat menikmati hibah pemerintah. Kebijakan penghematan BBM ini, kata dia, tidak akan secara mudah dapat diterima masyarakat.

"Kebijakan ini sangat diperlukan, mengingat untuk mendukung kesejahteraan negara. Semua ini kompromi untuk bangsa, subsidi menurun, semua rakyat bisa menikmati," kata Jero.

Turut hadir pula dalam Rakor tersebut, antara lain Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.