Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakinkan Kader, Megawati Sebut Ganjar-Heru Pilihan Terbaik

Kompas.com - 14/04/2013, 16:35 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menegaskan sikapnya kepada kader PDI Perjuangan di Jawa Tengah untuk bertarung total agar memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Dukungan itu disampaikan oleh Megawati saat menyampaikan pidato dalam acara Apel Siaga dan Deklarasi Ganjar-Heru di Stadion Manahan, Solo, Minggu (14/4/2013). Acara deklarasi tersebut dihadiri beberapa pengurus DPP PDI-P, di antaranya Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, Sekjen DPP PDI-P Tjahyo Kumolo, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta pengurus DPD dan DPC PDI-P se-Jawa Tengah.

Di depan ribuan kader dan simpatisan PDI-P yang memerahkan kawasan Stadion Manahan, Megawati kembali menegaskan bahwa Ganjar-Heru merupakan pilihan yang sudah dipikirkan dan diperhitungkannya. Putri proklamator Soekarno tersebut menilai dari kinerja pasangan Ganjar-Heru untuk partai.

"Apabila ada yang masih meragukan dan mengatakan saya pilih kasih dan tidak mendengar aspirasi dari arus bawah, maka saya tegaskan itu tidak benar. Kenapa ada yang dipilih, kenapa ada yang tidak dipilih, itu semua karena saya memantau bagaimana mereka bekerja selama ini," kata Megawati.

Megawati pun mengajak para kader untuk tidak meragukan lagi pilihan partai terhadap calon kepala daerah Jawa Tengah tersebut. Ia meminta seluruh kader PDI-P mendukung penuh pencalonan Ganjar-Heru. Megawati juga berharap instruksi partai tersebut dijalankan hingga tingkat ranting.

"Saya akan mendengar dan melihat dari jauh dan apabila ada ranting yang bisa menang, saya akan bangga," katanya dan disambut sorak para kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Proses pemilihan Ganjar-Heru oleh PDI-P sempat menimbulkan tanda tanya karena sebelumnya PDI-P diprediksi akan memilih Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih sebagai calon gubernur. Hingga batas waktu pengajuan cagub dan cawagub, PDI-P tak kunjung mencalonkan Rustriningsih dan berbelok haluan mengajukan Ganjar dan Heru. Kader PDI-P, Don Murdono, justru keluar dari PDI-P setelah menjadi calon wagub bersama Hadi Prabowo yang didukung oleh enam partai koalisi, yakni Partai Gerindra, PKS, PKB, PKNU, Partai Hanura, dan PPP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com