Inilah Hasil Tes Urine Pilot Lion Air

Kompas.com - 14/04/2013, 13:37 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti S Gumay mengumumkan hasil tes urine pilot Lion Air Boeing 737-800 Kapten Mahlup Gozali dan kopilot Chirag Carla dalam jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Minggu (14/4/2013) siang.

Keduanya dinyatakan negatif mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang, termasuk alkohol. Namun, Dirjen Perhubungan Udara masih akan melakukan tes dengan metode uji rambut. "Hasil dari laporan awal negatif, tapi tetap dimonitor karena tes kan berkelanjutan, termasuk rambut," ujar Herry saat konferensi pers.

Pemeriksaan urine ini merupakan SOP baru yang harus dijalani pilot setiap terjadi kecelakaan pesawat. Seperti diberitakan, Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti meminta tes urine terhadap pilot Lion Air untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan narkoba di dalam tubuh pilot yang tergolong berpengalaman tersebut.

Tes urine ini merupakan bagian dari proses investigasi untuk mencari tahu penyebab kecelakaan pesawat di ujung landasan Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, Sabtu kemarin.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorGlori K. Wadrianto

    Terkini Lainnya


    Close Ads X