Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam ABK Kapal Terbakar Terjun ke Laut

Kompas.com - 12/04/2013, 09:33 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Pasukan pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membakar kapal layar motor "Lasmini", di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jumat (12/4/2013). Seperti diberitakan kapal itu membawa bahan bakar minyak menuju Pulau Sapudi, Kecamatan Sapudi, Sumenep.

Enam anak buah kapal (ABK) asal Desa Nong Gunung, Kecamatan Sepudi, kini berada di Polsek Kalianget. Keenam ABK itu adalah Misnali (24), Ahmad (19), Holiq (50), Mail (26), Moyo (60) dan Moh. Rosahid (45). Kapal tersebut memuat 68 drum BBM berupa 14 drum premium dan 54 solar.

Kapolsek Kalianget, AKP Suwardi mengatakan, kejadian kebakaran KLM Lasmini diduga karena percikan api pada mesin yang kemudian menyambar ceceran solar hingga terbakar.

"Keterangan sementara karena ada percikan api pada bagian mesin saat mesin dinyalakan oleh ABK," terangnya.

Setelah terjadi kebakaran disertai bunyi ledakan, semua ABK menyelamatkan diri dengan melompat ke laut. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan hanya sebagian mengalami luka ringan saja," imbuhnya.

Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Sumenep dikerahkan untuk memadamkan api. Api bisa dipadamkan satu jam setelah kejadian.

Suwardi menegaskan, untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran pihaknya akan melakukan penyelidikan. "Semua ABK akan kami mintai keterangan untuk mengetahui detil penyebab kebakaran ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com