Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Putuskan soal BBM di Cipanas

Kompas.com - 12/04/2013, 07:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan memutuskan kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akhir pekan ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Komite Ekonomi Nasional (KEN), dan tim penyusun kebijakan BBM akan lembur di Istana Cipanas untuk memutuskan kebijakan BBM bersubsidi.

"Kita membahas mengenai opsi-opsi yang ada. Sudah mulai mengerucut pembahasannya. Tinggal akan dimatangkan lagi nanti hari Sabtu dan Minggu," ujar Jero Wacik, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Kompleks Istana Negara, Kamis (11/4/2013).

Rencananya, rapat akan membahas pilihan yang ada untuk mengurangi subsidi BBM serta implementasinya setelah opsi kebijakan BBM diputuskan pemerintah. Pasalnya, implementasi kebijakan ini sangat menentukan berhasil atau tidaknya kebijakan yang sudah diambil pemerintah.

Petinggi Partai Demokrat ini juga mengingatkan, opsi yang diputuskan pemerintah nantinya bukanlah pilihan yang ideal. "Semua ada plus minusnya," ujar Jero. Ia menegaskan bahwa keputusan pemerintah nantinya akan mengutamakan kepentingan masyarakat miskin dan tidak mampu.

Karena itu, pemerintah juga akan mengkaji opsi pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat. Soalnya, apa pun keputusan pemerintah, dampak dari keputusan itu akan berpengaruh pada inflasi. "Tapi, bagaimana masyarakat kelompok miskin dan hampir miskin tidak menjadi makin sengsara, itulah topik yang akan dirumuskan di Istana Cipanas nantinya," katanya.

Opsi yang ada saat ini mengerucut pada menaikkan harga BBM atau mengendalikan konsumsi BBM. Namun, hingga saat ini, pemerintah masih condong pada pilihan untuk mengendalikan.

Sasaran langkah pengendalian adalah memastikan orang kaya tidak akan menikmati BBM bersubsidi. Bagaimana teknis pengontrolan konsumsi BBM bersubsidi hanya kepada orang tidak mampu, inilah yang sedang dimatangkan dan akan diputuskan di Istana Cipanas akhir pekan ini. (Noverius Laoli/Kontan)

Ikuti artikel terkait di Topik Subsidi BBM untuk Orang Kaya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com